Mas Bup Ajak Sang Istri Berburu Batik Lokal

By Dinas Kominfo Kab. Kediri07 Mar 2021, 19:00:58 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Mas Bup Ajak Sang Istri Berburu Batik Lokal

Kediri sebagai kerajaan tua telah mewarisi berbagai kekayaan budaya,salah satunya kerajinan batik. Untuk memberdayakan perajin dari kelompok usaha mikro kecil dan menengah, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengajak sang istri untuk berburu kain batik lokal, Minggu (7/3). 

Meskipun hujan, namun tak menyurutkan niat Mas Bup Dhito bersama sang istri Eriana Anisa untuk berburu batik khas kediri. Kali  ini yang ia sasar adalah Batik Lochatara yang ada di lereng Gunung Kelud,  tepatnya di Desa Jajar Kecamatan Wates.

Di saat berbelanja kain batik, Mas Bup kagum dengan potensi batik asli Kediri. Dimana banyak perajin yang ikut mempromosikan kekayaan daerah melalui goresan canting pada motif kain batiknya, seperti gambar komiditi buah nanas, mangga podang, hingga wisata andalan Gunung Kelud.

Menurut Mbak Chica, panggilan akrab Eriani Annisa, potensi batik yang ada di Kabupaten Kediri sangat bagus, karena sudah bermunculan batik dengan motif buah yang juga merupakan komoditas asli Kabupaten Kediri, seperti nanas dan mangga podang.

Dirinya mengaku paling menyukai motif mangga podang ini karena warnanya menarik, motifnya juga keren. “Untuk warga Kabupaten Kediri, mulailah mengenakan batik khas Kabupaten Kediri,” ajak Mbak Chica.

Mbak Chica berharap batik Kabupaten Kediri harus lebih inovatif lagi agar lebih dikenal dan dicintai oleh masyarakat. Harapan lainnya supaya pelaku UMKM bisa bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. (Kominfo/ng,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda