Kreasi Olahan Gethuk, Aneka Rasa dan Beragam Bentuk

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Nov 2020, 13:00:29 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Kreasi Olahan Gethuk, Aneka Rasa dan Beragam Bentuk

Gethuk. Siapa diantara kita yang tidak mengenal olahan makanan dari singkong ini. Makanan bertekstur lembut yang disajikan dengan parutan kelapa ini sangat nikmat untuk menemani minum kopi di pagi atau sore hari. Namun di tangan Erva Sa'adah, olahan gethuk tidak hanya dinikmati dengan rasa original saja. Perempuan asal Desa Cendono, Kecamatan Kandat ini mengolah gethuk menjadi kue roll gethuk dengan aneka varian rasa dan toping.

Ada banyak varian rasa yang membuat pecinta gethuk akan merasa ketagihan. Seperti rasa melon, jeruk, anggur, hingga rasa durian. Konsumen pun bisa memilih aneka toping yang mereka suka seperti coklat, keju atau mix coklat keju.

"Usaha Gethuk ini berdiri pada 1 tahun lalu. Pada awal Covid-19 usaha kami sempat berhenti, dan awal Juli kami berusaha berinovasi dan menawarkan kembali gethuk di media sosial," ujar Erva.

Dengan dibantu suaminya, dalam pembuatan gethuk ini Erva memilih singkong dengan kualitas terbaik. Hal ini akan berpengaruh dengan rasa dan tekstur gethuk yang dihasilkan. Dengan singkong kualitas baik, tekstur gethuk yang dihasilkan akan lembut dan tidak berserat.

Melalui akun Instagramnya @ikki.gethuk, Erva mempromosikan gethuk buatannya. Untuk satu buah gethuk roll, Erva membandrol dengan harga Rp. 12.000. Harga tersebut tergantung dengan ukuran gethuk roll. Dengan kreativitasnya dalam mengolah gethuk, Erva bisa menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah. Gethuk olahannya tidak hanya terjual di Kediri saja, namun juga sudah ke berbagai daerah di luar Kediri.

"Dalam satu bulan bisa menghasilkan keuntungan mulai Rp500 ribu hingga Rp1 juta tutupnya. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox