Kolaborasi Centing dan Pasar Murah, Daya Beli Meningkat Stunting Lewat

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Mar 2023, 20:23:17 WIB Stunting
Kolaborasi Centing dan Pasar Murah, Daya Beli Meningkat Stunting Lewat

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial menggelar acara Cegah dan Tangani Stunting (Centing) yang dikolaborasikan dengan pasar murah. Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Mohamad Solikin tersebut bertempat di Lapangan Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten, (15/3/2023).

Sasaran kegiatan Centing dan pasar murah ini adalah Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKM PKH) di wilayah Kecamatan Plosoklaten. Karena wilayah ini termasuk jumlah angka stuntingnya cukup tinggi.

Puluhan warga dari desa se-Kecamatan Ploklaten sejak pagi sudah berkumpul memadati tempat lokasi. Mereka datang berniat untuk membeli sembako yang dijual dengan harga jauh lebih murah dari pasaran.

Dijelaskan oleh Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Dyah Saktiana, dengan kolaborasi dua kegiatan tersebut diharapkan akan meningkatkan daya beli masyarakat atas barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, telur, gula, minyak, cabai, dan lain-lain.

"Dengan daya beli masyarakat kuat, masyarakat sehat dengan harapan Stunting bisa segera lewat," ungkap Nana, panggilan akrab Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial.

Disamping menyediakan sembako murah, dalam kegiatan ini sebagai upaya menekan angka stunting juga telah dibagikan susu kepada ibu hamil, anak di Bawah Lima Tahun (Balita) dan anak di Bawah Dua Tahun (Baduta).

Nana menambahkan, stunting adalah tanggung jawab kita bersama, untuk itu kita harus selalu bekerja sama dan bersinergi melibatkan instansi terkait seperti Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, TP PKK, Dharmawanita serta para Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) se- Kabupaten Kediri.

"Harapannya dengan sinergi dan kolaborasi yang baik ini, Stunting di Kabupaten Kediri khususnya Kecamatan Plosoklaten bisa ditekan. Berkat pendampingan dan intervisi dari pemerintah dan para pendamping PKH, alhamdulillah sudah banyak balita kita yang lolos stunting," jelas Nana.

Dalam sambutannya Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melalui Sekretaris Daerah Mohamad Solikin mengatakan, anak-anak adalah harapan masa depan bangsa dan wajib bagi kita untuk memperhatikan tumbuh kembang mereka agar terbebas dari stunting.

"Mencetak generasi yang sehat dan cerdas dibutuhkan pola asuh yang baik dengan memberikan kebutuhan gizi seimbang agar tumbuh kembangnya juga baik," terangnya.

Mas Dhito selalu menekankan angka stunting di Kabupaten Kediri harus bisa 1 digit atau dibawah 10%. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak baik itu pemerintah, masyarakat khususnya para orang tua yang memiliki anak balita.

"Terkait dengan pasar murah, hal ini dilaksanakan menyambut Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 Tahun 2023 yang sekaligus menyambut Bulan Suci Ramadhan. Pemerintah menyediakan bahan-bahan pokok dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat," pungkasnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox