Kepala Daerah Harus Inovatif Dalam Menjalankan Pemerintahan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri26 Apr 2021, 15:20:46 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Kepala Daerah Harus Inovatif Dalam Menjalankan Pemerintahan

Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin membuka acara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-25 tahun 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pemerintah daerah di Indonesia termasuk Pemerintah Kabupaten Kediri.

Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, Sekretaris Daerah Dede Sujana beserta jajaran Forkopimda mengikuti dan menyimak pengarahan dari Wakil Presiden RI dan Menteri Dalam Negeri bertempat di Pendopo Panjalu Jayati, Senin (26/4/21).

Tahun ini peringatan Hari Otonomi Daerah mengusung tema "Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, Untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit dan Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengapresiasi kinerja dari Kementerian Dalam Negeri, pemerintah daerah, perangkat daerah, penyelenggara pilkada dan masyarakat atas kontribusinya dalam kesuksesan pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020 lalu, walau dilaksanakan di tengah pandemi covid 19.

“Hal tersebut merupakan bukti, bahwa dengan kepatuhan protokol kesehatan, maka roda pemerintahan tetap berjalan dan produktif. Sehingga pilkada yang merupakan agenda utama dapat berjalan dengan baik dan terencana,” kata Wapres.

“Peringatan Hari Otonomi Daerah merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk mengatasi semua tantangan yang dihadapi oleh pemerintah daerah di masa yang akan datang,” lanjutnya.

Otomoni daerah dapat dimaknai sebagai pemberian kewenangan khusus untuk daerah untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu. Pemerintah daerah memiliki keleluasaan dalam menyelenggarakan pemerintahannya sendiri atas prakarsa, kreatifitas dan peran serta masyarakat demi kemajuan daerah.

Dalam menangani dampak pandemi covid 19, selain fokus pada penanganan, pemerintah daerah juga harus memikirkan dampak sosial ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu dibutuhkan kerjasama antara daerah, provinsi dan pusat.(Kominfo/lks,dn,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda