Jumlah Pasien Covid 19 Meningkat, RSUD SLG Dirikan Tenda Darurat

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Des 2020, 18:00:24 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Jumlah Pasien Covid 19 Meningkat, RSUD SLG Dirikan Tenda Darurat

Rumah Sakit Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri mendirikan sebuah tenda darurat untuk penanganan sementara pasien Covid-19. Pendirian tenda darurat yang berukuran panjang 6 meter dan lebar 5 meter ini dilakukan di sebelah utara ruang instalasi gawat darurat rumah sakit.

Bagian Humas RSUD SLG Ahmad Jazuli Harwono mengatakanpendirian tenda ini atas inisiatif rumah sakit menyikapi jumlah pasien Covid-19 yang meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

"Biasanya banyak yang datang ke sini dan mau tidak mau kita harus melayani. Sementara kapasitas ruangan isolasi kita masih sangat terbatas, sehingga kami inisiatif dirikan tenda. Tetapi kalau tidak terlalu darurat kondisinyakita tak menggunakan tenda ini," jelasnya.

Menurut Jazuli dalam beberapa hari terakhir pihaknya sudah memfungsikan tenda darurat ini untuk penanganan sementara pasien Covid-19.

"Sementara ini hanya untuk pasien yang ada indikasi terpapar virus Covid-19. Ketika kita sudah ada ruangan yang kosongmaka segera kita pindahkan ke tempat lain," imbuhnya.

Ia juga menegaskan bahwa untuk pasien yang dirawat di tenda darurat ini hanya untuk  gejala ringan. "Tidak mungkin jika ada pasien Covid-19 dengan gejala berat ditaruh di sini (tenda darurat)," ujarnya.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada dalam tenda darurat penanganan covid-19 ini menurut Jazuli hanya ada tempat tidur dan oksigen. "Untuk jumlah kapasitas maksimal pasien Covid-19 sementara yang dirawat di sini total 3 - 4 orang," katanya.

Jazuli menjelaskan bahwa Rumah Sakit SLG hanya mampu menangani 26 pasien Covid-19. "Hal ini mengingat kami juga terbatasi oleh sumber daya manusia dalam menangani pasien Covid-19," tutupnya.

Sementara itu perlu diketahui, sampai tanggal 29 Desember 2020, jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Kediri total ada 2359 orang. Jumlah ini meliputi 291 orang dirawat,1886 orang sembuh dan 182 meninggalSelain itu di Kabupaten Kediri juga masih masuk zona oranye atau daerah dengan risiko penularan Covid-19 sedang.

Masyarakat dihimbau untuk patuh pada protokol kesehatan dengan memakai masker selama beraktivitas, menjaga jarak dan hindari kerumunan serta rajin mencuci tangan. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox