Jalan Sehat Berbudaya, Kreasi dan Kolaborasi Wujudkan Keluarga Berbudaya Menuju One Digit Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri02 Mar 2023, 14:25:02 WIB Stunting
Jalan Sehat Berbudaya, Kreasi dan Kolaborasi Wujudkan Keluarga Berbudaya Menuju One Digit Stunting

Dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 tahun 2023, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB3A) menggelar kegiatan jalan sehat berbudaya di Taman Hijau Simpang Lima Gumul (2/3).

Dengan mengangkat tema 'Berkreasi dan Berkolaborasi Mewujudkan Keluarga Berbudaya menuju One Digit Stunting, jalan sehat dimulai pukul 07.00 WIB diikuti oleh 620 orang, terbagi dalam 30 grup yang terdiri dari PPKBD (Pembantu Pembina KB Desa), penyuluh KB, pembina PIK (Pusat Informasi dan Konseling) remaja, Pokja kampung KB dan pengelola program KB Puskesmas se-Kabupaten Kediri.

Acara semakin semarak dan meriah saat dimulainya lomba jalan sehat. Dengan mengenakan pakaian budaya Kediri, para peserta mengedukasi dan mempromosikan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) diringi dengan media KIE. Rute jalan sehat berbudaya ini dimulai dari Taman Hijau SLG, mengitari kawasan Simpang Lima Gumul dan berakhir kembali di Taman Hijau.

Selain jalan sehat, ada dua kegiatan yang juga dilombakan yaitu yel-yel program Bangga Kencana dan stand pameran produk unggulan kampung KB. Stand pameran menampilkan produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) maupun produk-produk UMKM kampung KB.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri, Dr.dr. Nurwulan Andadari,MMRS., dalam sambutannya menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan hari ini dimaksudkan untuk mengajak para kader untuk berbahagia bersama dan semakin semangat dalam mensosialisasikan program Bangga Kencana, yaitu penurunan stunting yang juga menjadi program strategis nasional dan dalam rangka menuju one digit stunting di Kabupaten Kediri.

"Acara ini merupakan serangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1219 dan Mas Bup menyampaikan bahwa kami harus mengajak para kader untuk berbahagia bersama dalam berbagai kegiatan guna semakin semangat dalam mensosialisasikan Kabupaten Kediri menuju one digit stunting," jelas dr. Andadari.

Dari serangkaian lomba hari ini, juara yel-yel diraih oleh Kecamatan Kayen Kidul, lomba jalan sehat oleh Kecamatan Gurah dan stand pameran dimenangkan oleh Korcam Pare.

Ditemui seusai acara, Mutiah, salah seorang peserta dari Kecamatan Semen mengatakan sangat senang sekali dengan acara hari ini.

"Selain bisa membuat jiwa raga semakin sehat tampak ibu-ibu kader yang begitu bahagia dan penuh semangat mengikuti acara jalan sehat berbudaya ini. Semoga akan ada lagi acara seperti ini," ujarnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox