HUT Kemerdekaan RI Ke 77, Pemkab Kediri Kembali Hadirkan Pelombaan Khas 17 Agustus Tingkat Kabupaten

By Dinas Kominfo Kab. Kediri24 Agu 2022, 23:50:30 WIB Pendidikan
HUT Kemerdekaan RI Ke 77, Pemkab Kediri Kembali Hadirkan Pelombaan Khas 17 Agustus Tingkat Kabupaten

Tanggal 17 Agustus merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan serangkaian kegiatan bagi masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-77, mulai dari kirab dan berbagai macam lomba. 

Salah satunya lomba tingkat kabupaten di Lapangan Tugurejo, Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri (24/8). Kemeriahan acara, tak hanya dari bendera warna-warni dan ornamen merah-putih yang dipajang di sepanjang jalan, namun juga lomba antar warga.

Tahun ini menjadi momentum berharga,  karena pada dua tahun terakhir, pandemi COVID-19 meningkat sehingga perlombaan di tingkat Kabupaten, Kecamatan, maupun Desa ditiadakan. Kali ini, akan lebih meriah. Dengan tema Gempita Kemerdekaan, perlombaan lebih mengarah ke permainan tradisional antara lain panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan jalan egrang kreasi.

“Dengan adanya lomba tradisional ini kita bisa memupuk generasi muda kita untuk nguri nguri budaya tradisinonal, khususnya permainan tradisional. Seperti pesan Mas Bupati bagaimana kita dapat terus nguri nguri budaya khususnya permainan tradisional ini jangan sampai hilang.” Ucap Agus Cahyono, selaku Kepala DPMPD Kabupaten Kediri.

Peserta pada lomba panjant pinang yang berpartisipasi mewakili 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri. Sementara itu untuk lomba tarik tambang, enggrang kreasi serta balap karung diikuti siswa setingkat SMA se-Kabupaten Kediri.

“Alhamdulillah respon peserta sangat bagus sekali, dengan banyaknya jumlah peserta dari SMA/SMK setingkat yang mengikuti. Dari masyarakat perwakilan kecamatan sejumlah 26 kecamatan ikut untuk 5 point panjat pinang.” Imbuh Kepala DPMPD Kabupaten Kediri.

Hingga siang, para peserta mulai dari tarik tambang dan balap karung, terus berlomba serta menjunjung sportifitas dengan bersalaman seusai bertanding. Para peserta panjat pinang juga terus mencoba menggapai hadiah yang berada di puncak, mulai dari uang tunai jika dapat mencabut bendera, kompor gas, kipas angin, dan hadiah lainnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox