Gelar Tiga Parade Sekaligus, Mas Dhito Berharap Warga Kediri Tetap Bahagia

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Agu 2022, 18:12:30 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Gelar Tiga Parade Sekaligus, Mas Dhito Berharap Warga Kediri Tetap Bahagia

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyuguhkan parade barong, parade tumpeng hasil bumi dan parade egrang kreasi  dalam event Gempita Kemerdekaan di kawasan Simpang Lima Gumul, Senin (22/8/2022).

Tiga parade yang dikemas menjadi satu itu pun menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Warga yang berdatangan memadati jalanan sepanjang rute yang dilalui mulai Convention Hall sampai depan bank daerah.

"Tadi ada 77 barongan, 77 tumpeng hasil bumi dan 77 egrang, semua serba 77 karena memperingati 77 tahun Republik Indonesia berdiri," kata Mas Dhito.

Begitu tiba di garis finis, 77 langsung melakukan pentas bersamaan. Begitu pula pelajar SMA/SMK yang mengenakan beraneka ragam busana berjalan bersamaan layaknya fashion show menggunakan egrang. 

Masyarakat yang berkumpul sedari awal acara pun tak sabar mengambil beraneka sayuran, buah-buahan maupun tanaman pangan seperti jagung, padi dan ubi yang dihias berbentuk tumpeng. Bahkan, belum juga didoakan, dari 77 tumpeng, setidaknya sudah ada dua tumpeng ludes karena jadi rebutan.

"Harapan saya, di 77 tahun Indonesia merdeka ini, masyarakat Kabupaten Kediri selalu diberikan kebahagiaan dan kesehatan," ucap Mas Dhito diikuti warga yang langsung berteriak mengamini.

Mas Dhito berharap, kegiatan semacam itu tetap bisa diadakan di tahun-tahun berikutnya. Dia berpesan, masyarakat yang ingin mengambil sayuran, buah atau apa saja yang ada di dalam tumpeng untuk bisa tertib.

"jangan sampai karena berebut tumpengan hasil bumi, harus ada yang terluka atau hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Mas Dhito.

Usai acara, puluhan tumpeng yang tersisa pun usai dibacakan doa langsung dijadikan rebutan warga. Warga sangat antusias memasukkan sayuran maupun buah dalam kantung plastik yang telah disiapkan.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox