DPMPD Kabupaten Kediri Gelar penganugerahan Lomba Cipta Karya Tenologi Tepat Guna

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Des 2022, 14:12:48 WIB Industri dan Teknologi
DPMPD Kabupaten Kediri Gelar penganugerahan Lomba Cipta Karya Tenologi Tepat Guna

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ( DPMPD ) menggelar acara penyerahan dan penganugerahan Lomba Teknologi Tepat Guna ( TTG ) di Hotel De Pratnya (15/12).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas DPMPD Agus Cahyono, Camat se Kabupaten Kediri, para dewan juri dan juga para pemenang maupun nominator lomba TTG tersebut.

Dalam sambutannya, Agus Cahyono selaku Kepala Dinas DPMPD menjelaskan bahwa maksud dan tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk mengembangkan kreatifitas yang ada di masyarakat.

 " Maksud dan tujuan diadakannya lomba inovasi teknologi tepat guna ini adalah dalam rangka untuk mendorong, membangun dan mengembangkan kreatifitas yang ada di masyarakay, seluruh masyarakat, lembaga pendidikan masyarakat dan yang berkompeten dengan teknologi tepat guna ini, " ujarnya. 

 Seperti yang diketahui, bahwa lomba TTG ini telah dilaksanakan dalam 2 tahap penilaian. Yaitu penilaian administrasi dan juga penilaian presentasi yang telah dilaksanakan pada bulan lalu. Dari beberapa peserta dipilih 10 peserta sebagai nominator yang berhak melaju ke babak penilain presentasi atau penilaian lapangan. 10 peserta yang berhak melaju ke babak selanjutnya mempresentasikan hasil karya nya di depan dewan juri yang nantinya akan diambil juara 1 sampai dengan juara 6 dan juga 4 nominator. 

Ditambahkan oleh beliau, harapan dari terselenggaranya acara ini adalah untuk memacu dan juga mengembangkan teknologi yang sudah dibuat oleh para inovator, kedepan akan kita bantu dan memfasilitasi dalam hal mengurus hak cipta.

"Harapan kami selain memacu kreatifitas masyarakat untuk menciptakan kemanfaatan teknologi yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, bisa juga nantinya yang ikut lomba ini bagaimana mengembangkan teknologi nya dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Kediri, " tambahnya. 

 Penganugerahan dan penyerahan hadiah sendiri diberikan langsung oleh Kepala Dinas DPMPD kepada para inovator yang menjadi juara. Total hadiah untuk lomba kali ini sebesar Rp. 57.000.000. Untuk para pemenang lomba ini nantinya akan diikutkan oleh DPMPD lomba TTG di tingkat provinsi.

Mukhamad Tri Cahyono selaku juara 1 dalam lomba TTG kali ini berpesan kepada anak-anak muda yang ada di Kabupaten Kediri agar terus belajar dan jangan sampai salah pergaulan.

 " Saya berpesan kepada anak-anak muda yang ada di Kabupaten Kediri agar terus belajar di sekolah dan jangan sampai salah pergaulan, kita juga harus mengenali lingkungan kita apakah akan berdampak buruk atau tidak terhadap diri kita sendiri, " jelasnya. 

Ada yang unik dari juara pada lomba TTG kali ini, dari beberapa peserta yang mengikuti lomba, ada salah satu peserta yang masih duduk di bangku SD yaitu Aura Nararya Prayoga. Dia masih duduk di bangku kelas 6 SD di MIN 2 Kediri.

Tidak mau kalah dari peserta yang lain, dia juga menciptakan alat yang dapat dimanfaatkan oleh beberapa orang yaitu ROTAN atau Robot Penjemputan. Dia juga menjelaskan alasan membuat alat ini adalah untuk memudahkan para orang tua yang akan menjemput anak nya di sekolah. 

Perlu diketahui, bahwa selama 2 tahun berturut-turut, perwakilan Kabupaten Kediri yang mengikuti lomba di tingkat Provinsi selalu masuk 5 besar dan alhamdulillah mendapatkan juara 2. Harapannya untuk tahun 2023 nanti, juara Inovasi Cipta Karya Teknologi Tepat Guna tahun ini mudah-mudahan bisa mendapatkan juara 1 di tingkat Provinsi.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox