Distribusi Vaksin Sinovac Dikawal Aparat Gabungan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri08 Feb 2021, 14:00:55 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Distribusi Vaksin Sinovac Dikawal Aparat Gabungan

Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri kembali melakukan distribusi vaksin sinovac tahap II dan III dari gudang penyimpanan ke sejumlah fasilitas kesehatan. Kali ini, vaksin Covid-19 disalurkan ke wilayah Kecamatan Grogol dan Mojo.

Guna menjamin keamanan vaksin, aparat gabungan dari Kepolisian dan TNI melakukan pengawalan. Petugas mengamankan distribusi vaksin mulai dari penyimpanan di Puskesmas Semen tepatnya di Jalan Argo Wilis, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.

Untuk wilayah Kecamatan Grogol, vaksin dikirim ke Klinik Pratama Rawat Inap dr. Vitis Desa Grogol. Hadir dalam kegiatan itu, Dadang Heru Prasetyo, A.Md.Kep selaku perawat, Titin Jubaida, A.Md.Kep, bidan dan Miftachul Andriyan Afnam, sopir angkutan.

"Untuk petugas yang melakukan pengawalan vaksin sinovac terdiri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dan tiga orang personil Polsek Grogol yang dipimpin Iptu Amir," kata Kapolsek Grogol, AKP Shokib Dimyati.

Dari gudang penyimpanan, vaksin diangkut menggunakan mobil ambulance Kinik Pratama Rawat Inap dr. Vitis. Jumlah vaksin yang diterima sebanyak 28 vial dan sisa vaksin tahap 1 sebanyak 3 vial. Sehingga vaksin yang disimpan di Klinik Pratama Rawat Inap dr. Vitis sebanyak 31 vial.

"Selanjutnya vaksin sinovac disimpan di dalam kulkas Klinik Pratama Rawat Inap dr. Vitis Desa Grogol Kecamatan Grogol.Rencananya kegiatanvasinasi akan dilaksanakan besok hari Kamis 11 Februari 2021 sekitar pukul 13.00 WIB," imbuh mantan Kapolsek Mojo dan Ngadiluwih ini.

Kapolsek memastikan, selama kegiatan pengambilan Vaksin Sinovac dari Gudang Penyimpanan Dinkes Kesehatan Kabupaten Kediri hingga sampai Klinik Pratama Rawat Inap dr. Vitis Desa Grogol berjalan lancar dan kondusif aman.

Sementara itu, untuk wilayah Kecamatan Mojo, vaksin didistribusikan ke UPTD Puskesmas Mojo dan Ngadi. Seperti halnya di wilayah Kecamatan Grogol, aparat juga melakukan pengawalan saat penyaluran vaksin ke Mojo.

Data yang diperoleh menyebutkan, pendistribusian vaksin Tahap III untuk Puskesmas Mojo sebanyak 57 vial. Kemudian Puskesmas Ngadi sebanyak 49 vial dan Klinik Dokterku sebanyak 8 vial.

"Untuk petugas pengawalan dari Polsek Mojo sebanyak dua orang personil yang bergabung dengan Koramil Mojo sebanyak dua personil," kata Kapolsek Mojo AKP Priyono.

Proses pengawalan distribusi vaksin ini dilakukan dengan menggunakan kijang patroli, petugas dari Polsek Mojo dan Koramil Mojo. Petugas mengawal mobil ambulance dari Puskesmas Mojo dan Ngadi, untuk mengambil vaksin covid 19 di tempat penyimpanan vaksin di Puskesmas Kecamatan Semen.

Setelah pengambilan vaksin dari Puskesmas Kecamatan Semen, selanjutnya vaksin tersebut didistribusikan ke Puskesmas Mojo dan Puskesmas Ngadi Kecamatan Mojo.

Adapun sisa vaksin tahap II untuk UPTD Puskesmas Mojo sebanyak 4 vial. Sehingga total Vaksin di UPTD Puskesmas Mojo sebanyak 61 vial. Sedangkan sisa vaksin tahap II utk UPTD Puskesmas Ngadi sebanyak 9 vial sehingga total Vaksin di UPTD Puskesmas Ngadi sebanyak 58 vial. (*)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox