Dinas Pendidikan Gelar Seleksi Olahraga Raga Tradisional

By Dinas Kominfo Kab. Kediri16 Jun 2021, 19:10:07 WIB Pendidikan dan Olahraga
Dinas Pendidikan Gelar Seleksi Olahraga Raga Tradisional

Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar seleksi olahraga tradisional terompah dan egrang. Seleksi yang digelar selama dua hari di lapangan Desa Paron, Kecamatan Ngasem ini diikuti para siswa tingkat SMP se-Kabupaten Kediri.

Tri Setyo Nugroho, Plt. Seksi Pemuda Olahraga Dinas Pendidikan, mengatakan,seleksi olahraga tradisional terompah dan egrang ini untuk persiapan lomba olahraga tradisional tingkat Provinsi Jawa Timur di Pacitan, bulan Agustus 2021 mendatang. Menurut Tri Setyo, ada lima cabang olahraga tradisional yang dilombakan, yaitu terompah, hadangan, egrang, sumpitan dan dagongan.

"Tapi karena masih masa pandemi, akhirnya di Kabupaten Kediri hanya bisa mengadakan kegiatan seleksi untuk olahraga tradisional terompah dan egrang," katanya di sela-sela acara seleksi, (16/6/2021).

Sedangkan Gutomo, Panitia Pelaksanaan Seleksi, menambahkan bahwa tujuan digelarnya lomba olahraga tradisional ini adalah untuk menguri-nguri budaya yang sudah ada sejak zaman dahulu. Seleksi diikuti oleh 32 atlit olahraga tradisional dari tingkat SLTP se-Kabupaten Kediri

"Aturan main lomba olahraga tradisional ini sudah ditentukan oleh Kormi (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia)," kata Gutomo.

Seperti diketahui, olahraga tradisional egrang atau jangkungan adalah galah atau tongkat yang digunakan seseorang agar bisa berdiri dalam jarak tertentu di atas tanah. Enggrang berjalan adalah enggrang yang diperlengkapi dengan tangga sebagai tempat berdiri, atau tali pengikat untuk diikatkan ke kaki untuk berjalan.

Sedangkan terompah panjang adalah permainan olahraga tradisional yang menggunakan kayu panjang dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kecepatan dengan menempuh jarak yang telah ditentukan. Permainan ini dilakukan oleh tiga atau lima orang dalam sepasang terompah. (Kominfo/ar,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda