Bupati Kediri Berharap Rosella Menjadi Minuman Khas Kab. Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri27 Mar 2022, 18:12:37 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Bupati Kediri Berharap Rosella Menjadi Minuman Khas Kab. Kediri

Kabupaten Kediri memiliki sejuta potensi yang patut dibanggakan. Hampir semua sektor memiliki keunggulannya sendiri yang saling mendukung dan berdampingan. Dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1218 tahun 2022 ini pemerintah fokus menggali potensi yang ada.

Selain Potensi Pariwisata, Seni, Budaya dan UMKM, potensi pertanian berupa tanaman Rosella juga akan lebih dikenalkan kepada masyarakat. Mungkin masyarakat ada yang masih belum mengenalnya menu minuman yang satu ini, padahal soal rasa serta kasiatnya bisa diadu dengan menu lainnya.

Melalui acara Wilis Cafe Gathering yang bertempat diarea parkir Wisata air terjun Dolo Besuki kecamatan Mojo (27/3/2022), minuman berbahan bunga rosella tersebut dilombakan. Dengan mengusung tema "The Secret OF Flower Rosella" lomba tersebut diikuti oleh 25 peserta dari para pelaku UMKM, barista Cafe maupun hotel. Dalam waktu 5 menit para peserta dituntut untuk mampu berinovasi menciptakan menu minuman berbahan dasar bunga rosella.

Dengan pengalaman dan skill yang dimiliki para peserta sangat cekatan mencampur bahan-bahan yang disediakan oleh panitia dan hasilnya membuat para juri sangat terpukau dengan tampilan dan rasanya yang beraneka ragam.

Bupati Kediri melalui Mamiek Amiyati, SH., MH Plt. Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri menjelaskan keberasaan tanaman rosella disekitar Gunung Wilis tepatnya di Kecamatan Semen dan Mojo sangatlah melimpah. Masyarakat biasanya memanfaakan tanaman tersebut untuk tanaman herbal dan dijual dalam kemasan.

"Kurangnya variasi yang mengakibatkan nilai ekonomisnya rendah dan sedikit peminatnya. Dengan adanya kompetisi olahan minuman berbahan dasar bunga rosella kami sangat berharap terciptanya berbagai variasi menu minuman yang memiliki cita rasa yang tinggi sehingga akan mampu memiliki daya saing dipasaran", terangnya.

"Harapannya, ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi akan memunculkan branding minuman khas Kabupaten Kediri yang diminati oleh semua kalangan. Yang tidak kalah penting kita harus ikut menjaga keberadaan rosella mulai dari pembudidayaannya, peningkatan produktifitas, kualitas hasil pengolahan pengemasan dan penyajiannya serta pemasarannya, sehingga akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, dibutuhkan peran serta dan kolaborasi dari Dinas terkait untuk selalu memberikan dukungan dan pembinaan kepada masyarakat", paparnya.

Acara yang berjalan lancar dibawah guyuran hujan dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si yang dalam sambutannya mengatakan disituasi pandemi seperti sekarang ini pemulihan ekonomi sangatlah penting.

Pemerintah hadir melalui event seperti ini akan mampu memotivasi masyarakat untuk bangkit. Kita harus mencoba sesuatu yang baru, berinovasi membuat terobosan sebagai cikal bakal bangkitnya perekonomian masyarakat. Disini juga digelar pameran UMKM yang juga sangat terdampak pandemi, oleh sebab itu mulai sekarang kita harus kompak memutar otak bagaimana perekonomian masyarakat bisa kembali seperti semula.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox