Bentuk Karakter Anak Dengan Pendampingan Orang Tua

By Dinas Kominfo Kab. Kediri04 Mei 2021, 14:00:09 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Bentuk Karakter Anak Dengan Pendampingan Orang Tua

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat  untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Seperti kegiatan Pondok Ramadhan yang digelar oleh Tim Pengerak PKK Kabupaten Kediri.

Kegiatan rutin setiap hari Selasa dan Kamis ini secara bergantian mendatangkan para ustadz/ulama sebagai penceramah yang menyejukkan rohani kita. Tema yang diusung tahun ini adalah "Perempuan Berakhlakul Kharimah, Sebagai Bagian Solusi di Era Pandemi".

Sedangkan untuk hari ini, Selasa (4/5/21),kegiatan Pondok Ramadan yang dilaksanakan di Pendapa Panjalu Jayati mengangkat topik Mendampingi dan Membimbing Anak Dalam Masa Pandemidisampaikan oleh seorang psikolog bernama Tatik Imadatus Sa'adati.

Dalam paparannya kepada para anggota TP PKK baik yang ada di Pendapa maupun yang mengikuti secara onlineTatik menjelaskan tentang cara mendampingi anak saat belajar daring di rumah.

"Kebanyakan anak sekarang ini lebih malas dalam belajar. Inilah tugas berat kita bersama bagaimana membuat dan meningkatkan motivasi belajar anakDibutuhkan pendampingan dan bimbingan yang inovatif agar belajar daring lebih menyenangkan. Buat pendekatan kepada anak, sampai terbentuknya karakter pada anak-anak yang berbeda satu dengan yang lainnya,” ungkapTatik.

Ia menambahkan, anak perempuan harus sering diajak ngobrol. Apalagi pada masa pubertasorang tua adalah tempat mereka mencurahkan sesuatu. Ajak mereka berdiskusi, jangan membuat benteng yang membuat interaksi dengan anak menjadi terbatas.

Perempuan lebih sering menggunakan otak kanannya, hal tersebut yang menjadi alasan perempuan lebih mampu melihat dari berbagai sudut pandang dan menarik kesimpulan. Sedangkan laki-laki cara berfikirnya tidak panjang jauh kedepan, sehingga kalau ngobrol dengan anak laki-laki jangan menunggu kontak mata namun harus berhadap-hadapan.

Dengan adanya perbedaan karakter antara anak laki-laki dan perempuan, sebagai orang tua kita harus selalu memberikan contoh yang baik. Anak dapat merespon sesuatu yang dikatakan oleh orang tua dan apa yang dilakukan oleh orang tua,” pungkasnya. (Kominfo/lks,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox