Begini Cara Pemuda Kampung Inggris Kenalkan Jasa Pahlawan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri10 Nov 2020, 20:00:31 WIB Pendidikan
Begini Cara Pemuda Kampung Inggris Kenalkan Jasa Pahlawan

Berbagai macam kegiatan dilakukan oleh warga Indonesia untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, seperti mengadakan upacara bendera, aneka kegiatan lomba maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya. Salah satunya dilakukan oleh pemuda Kampung Inggris dari Desa Tulungrejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Untuk lebih mudah mengenalkan nama pahlawan serta jasa yang dilakukan dalam merebut kemerdekaan, kelompok pemuda ini mengajak anak-anak dari berbagai desa di Kabupaten Kediri untuk belajar serta bermain di alam terbuka. Dengan mengambil lokasi di Sumber Sumantoro yang terletak di Desa Plosolor, anak-anak diberikan edukasi tentang perjuangan pahlawan bangsa yang mati-matian merebut kemerdekaan. Beberapa diantaranya Jenderal Surdirman, Pangeran Diponegoro dan Soekarno.

"Dengan cara ini kami berharap anak-anak dapat meneladani jasa para pahlawan karena mereka merupakan generasi penerus bangsa yang tidak boleh melupakan sejarah," kata Ari Hakim, penggagas acara ini, (10/11/20).

Selain memberikan pengetahuan tentang pahlawan, para pemuda ini juga memberikan materi berbahasa Inggris agar anak-anak tidak bosan. Pembelajaran pun lebih menarik dan berwarna karena selalu diselingi dengan fun game maupun permainan gambar.

"Respon anak-anak sangat luar biasa, mereka enjoy dan senang. Ini memang tujuan kami, kegiatan diselenggarakan di alam terbuka, sekaligus sebagai pesan moral agar anak-anak bisa menjaga dan merawat lingkungan," ucap Hakim.

Sementara itu Bella salah satu anak dari Desa Plosolor mengatakan banyak sifat pahlawan yang bisa diteladani dan menjadi panutan generasi penerus.

"Saya senang sekali ikut acara ini. Selain bisa bermain bersama teman-teman di sungai, tadi juga dapat materi tentang beberapa pahlawan," tutup Bella. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox