- Tingkatkan Layanan Kesehatan, Mas Dhito Resmikan Gedung KRIS RSKK Pare
- Pemkab Kediri Selenggarakan Upacara Peringatan HAORNAS ke-41 Tahun 2024
- Parade Cikar 2024, Sedot Animo Masyarkat
- Pemerintah Kabupaten Kediri Alokasikan 51 Milyar untuk Pembangunan Infrastruktur Desa
- Edukasi Pemanfaatan Bantuan Sosial PKH
- Kemeriahan Gebyar Kemerdekaan HUT RI Ke-79
- Konferensi Kerja Kabupaten IV Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Masa Bakti 2020-2025
- Festival Jaranan Jawa Kreasi 2024 Kecamatan Kepung Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-79
- Kominfo Kabupaten Kediri Siap Ikuti Jatim Digifest 2024 di Tuban.
- Masbup Dhito Tekankan Pentingnya Peran Ayah dalam Perkembangan Anak
Transparansi, Akuntabilitas dan Efektivitas Pemerintah Dalam Menyediakan Informasi Kepada Masyarakat
Pemkab Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Pengelolaan Informasi Publik yang diikuti oleh dinas/badan/bagian (PPID Pelaksana) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri, di Ruang Tegowangi Lt.3 BPKAD, Senin (12/8/2024).
Kegiatan tersebut mengundang dua Nlnarasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur yaitu Ayu Saulina E, SS, MM (Pranata Humas Ahli Muda) dan Andi Bagus Setiawan, A.Md (Pranata Humas Mahir).
Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri Nur Miftahul Fuad menjelaskan Sosialisasi Pengelolaan Informasi Publik merupakan langkah penting untuk memastikan transparasi, akuntabilitas pemerintah dalam menyediakan informasi kepada masyarakat, ini sesuai dengan misi Bupati Kediri yaitu Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik.
Fuad menambahkan, dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi publik di Kabupaten Kediri ini ada beberapa hal yang harus dilakukan salah satunya adalah melaksanakan pengumpulan dan pengklasifikasian informasi publik, serta penyusunan dan penetapan daftar informasi publik di Kabupaten Kediri.
"Mengingat bahwa peningkatan layanan informasi publik di Kabupaten Kediri ini adalah tanggung jawab bersama, maka diperlukan adanya sinergitas dan kerjasama yang baik dari seluruh SKPD di lingkup Pemkab Kediri," tambahnya.
Terakhir, Fuad berharap kegiatan pada hari ini dapat bermanfaat bagi kita semua, semoga para peserta dapat memahami materi dengan baik dan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk peningkatan pelayanan informasi publik di Kabupaten Kediri, sehingga ke depannya Kabupaten Kediri bisa menjadi lebih informatif.
Paparan sesi pertama diisi oleh Andi Bagus Setiawan dari Dinas Kominfo Provinsi Jatim menerangkan adapun cara optimalisasi pengelolaan informasi publik sebagai berikut Penguatan Dasar Hukum, Penguatan Instrumen PPID, Meja Layanan, Struktur Organisasi PPID Pelaksana, Tugas PPID Pelaksana, Penyusunan DIP, Klarifikasi Informasi, Informasi Wajib di Website dan yang terakhir SOP PPID.
Ayu Saulina, narasumber kedua dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur menyampaikan, yang pertama Hasil Monitoring dan Evaluasi KIP oleh Komisi Informasi Jawa Timur yang kedua Evaluasi Website PPID Kab.Kediri yang terakhir Tahapan Monitoring dan Evaluasi KIP.
Pada sesi terakhir, kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Pengelolaan Informasi Publik ini di isi dengan sesi tanya jawab peserta dengan narasumber.
Berita Terkait
- Persatuan Perangkat Desa Kabupaten Kediri Rayakan Ulang Tahun Ke-18
- Veteran Tangguh, Indonesia Emas Tumbuh
- Gerakan Kediri Cinta dan Peduli Veteran Pemerintah Kabupaten Kediri Laksanakan 'Home Visit'
- Workshop Penyusunan Manajemen Resiko SPBE 2024
- Terima Penghargaan UHC Award 2024, Bupati Dhito Tekankan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan
- Sebagai Bentuk Perhatian, Pemerintah Salurkan Bantuan Kepada LVRI
- Pemerintah Kabupaten Kediri Kembali Gelar Pembinaan Mental
- Pengurus Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2024-2028 Resmi Dilantik
- Mas Dhito Beri Bantuan Anggota Banser Tertua di Pelantikan GP Ansor
- Mas Dhito: Jembatan Jongbiru Penghubung Antar Wilayah
Jojo
Sangat bagus program dari negara terkait sertifikat tanah. Meskipun berbayar Rp 600.000.jika 1 desa ...
View ArticleNash
Alhamdulillah ...maju terus Kab. ...
View Article