Pemerintah Kabupaten Kediri Usung Panji CorpU Masuk Finalis 5 Besar ASN Achievement Award 2022

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Sep 2022, 20:03:32 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan

Berita Terkait

Berita Populer

Pemerintah Kabupaten Kediri Usung Panji CorpU Masuk Finalis 5 Besar ASN Achievement Award 2022

Dalam rangka hari jadi Ke-77 Provinsi Jawa Timur, ASN Achievement Award Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur Tahun 2022 kembali digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dengan mengangkat tema Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pengembangan Kompetensi ASN yang terintegrasi, Kabupaten Kediri berhasil meraih peringkat 5 teratas dalam kategori Kepala Daerah Peduli Pengembangan Kompetensi Berbasis Sustainable Development Goal (SDGs) yang hari ini berkesempatan untuk presentasi dan wawancara di kantor BPSDM Provinsi Jawa Timur, Surabaya (30/9/2022).

Lima teratas pada kategori Kepala Daerah Peduli Pengembangan Kompetensi Berbasis SDGs yaitu Bupati Kediri, Walikota Blitar, Walikota Madiun, Bupati Malang, dan Bupati Mojokerto. Selain itu, sebanyak lima lembaga BKPSDM/BKD Kabupaten/Kota juga telah dinyatakan lolos sebagai finalis kategori lembaga penyelenggara Pengembangan Kompetensi Berbasis SDGs. Lima finalis kategori lembaga yang dimaksud yaitu BKPSDM Kota Surabaya, BKPSDM Kota Blitar, BKD Kabupaten Kediri, BKPSDM Kabupaten Mojokerto dan BKPSDM Kabupaten Malang.

Dalam tahapan presentasi dan wawancara para finalis diuji oleh para dewan juri yang handal dan kompeten dibidangnya. Diantaranya, Dr. Muhammad Taufiq, DEA - Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN - RI, Dr. Sugeng Hariyono, M.Pd - Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Dr. Ramliyanto, SP, MP. Selanjutnya, Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Bayu Arie Fianto,SE., MBA., PhD. - Ketua SDGs Center Universitas Airlangga, dan Prof. Candra Fajri Ananda, SE.,MSc.,Ph.D. - Guru Besar Universitas Brawijaya Malang.

Pemerintah Kabupaten Kediri mengusung Panjalu Jayati Corporate University (Panji CorpU). Panji CorpU merupakan salah satu pendekatan pembelajaran organisasi untuk melatih pegawai agar dapat menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien serta meningkatkan kompetensi profesionalitas. Dan untuk monitoring dan evaluasi jalannya program ini dibentuk satgas PK3D.

Diakhir acara Wakil Bupati Kediri menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kediri menerapkan ASN Day selama seminggu sekali, dimana ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Kediri akan belajar sehari penuh.

"Setiap hari Jumat kita ada ASN Day dimana dengan webinar tematik untuk seluruh ASN di Kabupeten Kediri mengasah kompetensinya. Kita juga memberikan fasilitas untuk mengakses menemukan beasiswa untuk S2 atau menambah jenjang pendidikan sesuai bidangnya. Ada online learning juga," ujar Dewi Mariya Ulfa. 

Beberapa dinas terkait juga turut membantu dalam penyempurnaan serta pemuktakhiran Panji CorpU ini. SDGs di Pemerintah Kabupaten Kediri juga sudah masuk di tingkat desa. Selain itu pembelajaran ini tidak hanya ASN tetapi juga diikuti oleh perangkat desa. 

"SDGs juga sudah masuk Musdes di semua desa di Kabupaten Kediri. Ada Musdes kondisional 3 bulan atau 4 bulan, mengurai permasalahan yang ada termasuk juga yang rawan adalah Bansos yang katanya tidak merata dan kita bisa mengevaluasi mengubah melalui Musdes tersebut," tutup Wakil Bupati Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus