Wakil Gubernur Jawa Timur Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional

By Dinas Kominfo Kab. Kediri02 Agu 2022, 21:10:40 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Wakil Gubernur Jawa Timur Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional

Bertempat di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya telah dilaunching Bulan Imunisasi Anak Nasional ( BIAN ) oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. Emil Elestianto Dardak,M.Sc.(2/8/2022). Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan para Kepala Daerah kota/kab se Jawa Timur. Acara ini dilaksanakan dalam rangka menjalin komitmen antara Pemprov Jawa Timur dengan Pemerintah Daerah se Jawa Timur.

Di Jawa Timur sendiri di beberapa daerah masih terdapat anak usia balita yang belum mendapatkan imunisasi. Maka dari itu guna mewujudkan misi dari Pemprov Jawa Timur, mulai bulan Agustus ini akan diadakan imunisasi serentak yang dilakukan di kota/kab di seluruh wilayah Jawa Timur. Ada kurang lebih 2 juta balita yang belum mendapatkan imunisasi. Itu menjadi perhatian khusus oleh Wakil Gubernur Jawa Timur yang dalam hal ini bekerja sama dengan rumah sakit, puskesmas dan juga PKK untuk bisa membantu dalam mensukseskan BIAN.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Emil Dardak mengatakan bahwa dalam bulan ini akan diupayakan untuk melaksanakan imunisasi secara rutin di semua daerah.

"Anak usia 9 bulan sampai dengan 59 bulan sasarannya adalah 2,9 juta anak. Kita akan kejar supaya target minimal 95 persen ini bisa tercapai. Kita juga akan melaksanakan imunisasi kejar yaitu imunisasi rutin yang nantinya akan dikhususkan di anak usia tadi," jelasnya.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dr. Erwin Astha Triyono, Sp.PD. menjelaskan tujuan dari acara ini adalah mensukseskan dan mendukung pelaksanakaan program kesehatan di Jawa Timur.

"Tujuan diadakannya acara ini adalah menciptakan komitmen pemerintah kab/kota dalam mendukung pelaksanaan program prioritas pembangunan kesehatan Provinsi Jawa Timur, khususnya mensukseskan BIAN di Jawa Timur," paparnya. 

Perlunya gebrakan dari pemerintah yang terkoordinir, terstruktur dan masif. Semua bergerak fokus dibulan ini bagaimana capaian nanti bisa masif dan ini terbukti selama ini BIAN berhasil dilaksanakan di PAUD, TK, Posyandu, Poskendes, Rumah Sakit dan semuanya itu gratis. Dalam acara ini juga ditandai oleh pembagian piagam penghargaan kepada 5 kab/kota yang menyandang predikat kota/kab terbaik dalam hal imunisasi, diantaranya ada Kab. Jombang, Kota Surabaya, Kab. Bondowoso, Kab. Mojokerto dan Kab. Lamongan. 

Ditemui seusai acara, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa berharap untuk masyarakat agar datang ke posyandu guna mensukseskan bulan timbang ini. 

"Saya berharap seluruh masyarakat yang mempunyai balita untuk datang ke posyandu guna mensukseskan program imunisasi nasional di bulan Agustus juga bulan timbang karena target kita sendiri di bulan ini mencapai 95 persen," harapnya.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus