Gempita HUT Veteran Nasional Tahun 2022 Teladani Perjuangan Mayjen (Purn) Prof DR. Moestopo

By Dinas Kominfo Kab. Kediri24 Agu 2022, 20:05:57 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Gempita HUT Veteran Nasional Tahun 2022 Teladani Perjuangan Mayjen (Purn) Prof DR. Moestopo

Untuk memperingati HUT Veteran Nasional Tahun 2022 sekaligus merupakan rangkaian kegiatan Gempita Kemerdekaan RI ke-77, Kodim 0809 bersama Pemerintah Kabupaten Kediri dan Pemerintah Kota Kediri menggelar kirab karnaval dan tasyakuran serta pementasan sosiodrama perjuangan Mayjen (Purn.) Prof DR. Moestopo, di Area Simpang Lima Gumul (24/8/2022).

Acara diawali dengan kirab. Kirab dimulai dari Kantor Pemkab Kediri yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa didampingi Dandim 0809 Letkol Inf. Rully Eko Suryawan, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto dan pejabat Forkompimda Kabupaten/Kota Kediri, serta pengurus Veteran Kediri Raya.

Kirab karnaval finish di depan Kantor Dishub. Kabupaten Kediri Area SLG. Kirab tersebut melibatkan unsur TNI, POLRI, Veteran Kediri Raya, lingkup Pemda, siswa SD, SMP, SMA, Akademis, IPSI, dan anggota komunitas cikar, andong, berkuda, sepeda onthel, motor, hingga mobil klasik. Seluruh jajaran Forkopimda yang hadir turut menyemarakkan HUT Veteran 2022 dengan ikut kirab karnaval hingga garis finish.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan tasyakuran HUT Veteran Nasional 2022 serta pementasan sosiodrama perjuangan Mayjen (Purn) Prof. DR. Moestopo yang menceritakan perjuangan melawan penjajah dengan melibatkan TNI dan segala elemen lapisan masyarakat.Tampak antusias seluruh tamu undangan terutama para anggota Veteran Kediri Raya.

Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa sangat mengapresiasi kegiatan HUT Veteran Tahun 2022, terutama dalam meneladani sosok Pahlawan Nasional Mayjen (Purn) Prof DR. Moestopo yang mempunyai tiga profesi sekaligus yaitu sebagai pejuang, akademisi dan dokter gigi.

"Susah mempunyai tiga profesi sekaligus. Jadi kita harus meneladani kegigihan beliau, kepedulian beliau kepada masyarakat, luar biasa beliau menginspirasi banget tidak hanya berfikir untuk karir tapi bagaimana memberikan jasanya untuk masyarakat. Untuk anak muda jaman sekarang kita harus meneladani Prof. DR. Moestopo," ucap Dewi Mariya Ulfa.

Sementara itu Dandim 0809 Kediri Letkol Inf Rully Eko Suryawan mengatakan, peringatan HUT Veteran Nasional ini sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi khususnya kepada veteran. Sehingga para generasi muda bisa mengetahui bagaimana jerih payah pengorbanan darah jiwa raga dari para pejuang dahulu.

“Dengan peringatan HUT Veteran ini agar paham dan mengerti betapa susahnya para pejuang dulu, saat ini menjadi tanggung jawab kita untuk mengisi Kemerdekaan ini dengan prestasi dan kreasi yang lebih bagus,” jelas Dandim 0809.

Selanjutnya Ketua LVRI Kabupaten Kediri Peltu (Purn.) Sumilan mengatakan sangat mengapresiasi perayaan HUT Veteran Nasional kali ini, yang merupakan yang pertama kalinya diadakan.

“Peringatan HUT Veteran perdana ini merupakan penghormatan bagi saya selaku Veteran, yang memperhatikan para Veteran yang ada di Kediri Raya dan kami sebagai Veteran berharap dan berpesan kepada generasi muda supaya mewarisi semangat para pejuang 45,” tutup Sumilan.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus