Wakil Bupati Kediri Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala se Jawa Timur

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Jul 2022, 18:31:52 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Wakil Bupati Kediri Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala se Jawa Timur

Pemerintah Kab. Kediri yang diwakili Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa menghadiri acara deklarasi Jejaring Panca Mandala ( JPM ) dan penandatanganan nota kesepakatan yang dilaksanakan di Gedung Grahadi Surabaya ( 28/7 ). Acara ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, Kepala BPIP Pusat dan juga seluruh Bupati dan Walikota se Jawa Timur. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Tampak antusias terpancar dari para kepala daerah yang hadir dalam acara ini. Acara dibuka langsung oleh Ibu Gubernur Jawa Timur dan dilanjutkan dengan penandatangan nota kesepakatan yang ditandatangani oleh masing - masing kepala daerah kab/kota se jawa timur. Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan kesepakatan yang terjalin antara BPIP Pusat dan Pemprov. Jatim kepada 5 unsur yaitu pemerintah (yang dalam hal ini diwakili oleh Bupati/Walikota se Jawa Timur), pelaku usaha, akademisi, media dan organisasi masyarakat.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa para pelaku JPM ini nantinya harus memiliki semangat juang yang tinggi dalam menjalankan tugasnya.

"Ada ruh yang diambil dari sejarah yang kuat. Para pejuang JPM harus bisa menjalankan tugas yang sudah diberikan dengan semaksimal mungkin agar tercapai hasil yang memuaskan," jelasnya. 

Ditambahkan oleh Ketua BPIP Pusat, Prof. Drs. K.H Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. , tugas dari BPIP sendiri adalah melakukan sinkronisasi dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila.

"Berdasarkan Perpres No. 7 Tahun 2018, diantara fungsi dan tugas BPIP adalah melakukan sinkronisasi dan pengendalian, pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan serta melaksanakan sosialisasi, kerja sama hubungan antara lembaga tinggi negara, pemerintah daerah dan organisasi masyarakat," tambahnya. 

Ditemui selepas acara, Mbak Dewi berharap nantinya seluruh masyarakat di Kabupaten Kediri akan diajarkan nilai - nilai dari Pancasila.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat mulai dari PAUD, mulai sekarang harus diajarkan nilai - nilai dari Pancasila yang tidak hanya dihafalkan melainkan juga diamalkan dalam kehidupan sehari - hari," ujarnya. 

Diharapkan dengan adanya penandatangan ini akan terjalin hubungan yang baik antar kabupaten/kota se Jawa Timur dengan BPIP Pusat dan juga 5 unsur yang menjalin kesepakatan tadi. 

Perlu menjadi catatan bahwa Kabupaten Kediri mendapatkan Piagam Penghargaan dari Menteri Dalam Negeri atas launching Gerakan Nasional Revolusi Mental yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2022 yang lalu.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus