Perkuat Efektivitas Publikasi Media Melalui Pelatihan Media Monitoring

By Dinas Kominfo Kab. Kediri16 Jun 2022, 14:49:53 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan

Berita Terkait

Berita Populer

Perkuat Efektivitas Publikasi Media Melalui Pelatihan Media Monitoring

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri menggelar Pelatihan Media Monitoring bagi karyawan. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, Kamis (16/6). Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Kab. Kediri Drs. Sri Ilham Wahyu Subekti, M. Si menjelaskan bahwa saat ini Dinas Kominfo lewat kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu bagaimana memanfaatkan media guna optimalisasi publikasi kegiatan pemerintah daerah.

“Dalam dunia derasnya arus informasi ini, kita perlu belajar bagaimana memanfaatkan aplikasi digital dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat bisa diterima dengan baik. Nah kita belajar bagaimana memanfaatkan aplikasi digital dalam mengelola media,” jelas Ilham. 

Dalam kesempatan ini Kominfo menghadirkan Nuril Putri dan Demmy Morris dari Indonesia Indikator. Dalam paparannya Nuril Putri menjelaskan beberapa trik dan tips bagaimana cara memanfaatkan media mainstream dan media sosial bisa tepat sasaran dan efektif dalam menyampaikan pesan. 

“Salah satu solusinya yakni menggunakan aplikasi digital media monitoring yang memantau bagaimana kinerja output media dan sebaran yang saat ini dihasilkan. Hasil dari data sajiannya lalu direview untuk dibenahi sehingga bisa meningkatkan capaian maksimal,” papar Nuril.

“Sebagai contoh, terkait popularitas kepala daerah dan wilayahnya dapat dilihat bagaimana jumlah eksposure media selama ini. Bila nilai eksposurenya tinggi akan mengindikasikan kepala daerah tersebut banyak dikenal dan populer di masyarakat,” ungkap Nuril.

“tidak hanya itu saja, aplikasi media monitoring dapat menyajikan data tentang bagaimana perkiraan isu masalah beberapa hari kedepan dan memberikan alternative solusi terkait pengananan isu tersebut bagi pemangku jabatan,” tandas Nuril. 

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, dalam kesempatan lain menginstruksikan kepada jajarannya agar terus berinovasi menciptakan program pelayanan prima kepada masyarakat. Maka dari itu, Perkembangan digitalisasi daerah harus selalu diikuti dengan peningakatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM).




Tinggalkan komentar Anda via Disqus