Pemkab Kediri Gelar Screening TBC di Lokus Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri09 Jun 2022, 16:30:15 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Pemkab Kediri Gelar Screening TBC di Lokus Stunting

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kab. Kediri menggelar acara Screening dan Investigasi TBC di Lokus Stunting yang dilaksanakan di Balai Desa Gedangsewu Kecamatan Pare (9/6). Acara ini diprakarsai oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan TP PKK Kab. Kediri dan juga kader - kader yang ada di Kecamatan Pare. 

Hadir dalam acara ini Ketua TP PKK Kab. Kediri Erianni Annisa Hanindhito atau yang akrab disapa Mbak Cicha, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Ahmad Khotib, Camat Pare dan juga beberapa tamu undangan. Acara ini dilaksanakan pada pukul 11.00 WIB. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meminimalisir kasus TBC pada anak di Kabupaten Kediri. 

Dijelaskan oleh Dr. Ahmad Khotib penyakit TBC ini sangat rentan menular pada anak - anak yang masih kecil sehingga ini harus diberantas agar anak - anak ini nantinya terhindar dari stunting. 

"Sasaran kita adalah anak - anak yang mengalami stunting atau kurang gizi yang ditengarai bahwa salah satu penyebabnya adalah penyakit TBC, terutama TBC paru pada anak. Untuk itulah kita adakan screening pada warga atau orang - orang yang dicurigai, " jelasnya. 

Dalam acara ini juga diserahkan piagam penghargaan bagi kader yang sudah lama mengabdi untuk Kabupaten Kediri dalam mengatasi stunting. Mbak Cicha selaku Ketua TP PKK Kabupaten menyerahkan secara langsung piagam penghargaan bagi kader - kader tersebut.

Ditambahkan olehnya, harapan dari berlangsung nya acara screening dan juga investigasi ini yaitu sesegera mungkin menemukan penderita TB dan melakukan pengobatan yang akhirnya dapat memutus mata rantai penyebaran stunting.

"Bahwa sebisa mungkin kita segera menemukan seluruh penderita TBC, melakukan pengobatan dan kemudian semuanya sembuh sehingga kita bisa memutus mata rantai penularan stunting, " tambahnya.

Seperti yang diketahui, target untuk stunting tahun depan di Kabupaten Kediri adalah satu digit. Maka dari itu, ini adalah sebuah awal yang bagus untuk menekan angka stunting di Kabupaten Kediri. Nantinya, acara ini akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kab. Kediri dan semoga bisa menekan angka stunting di Kab. Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus