Peringatan Harkitnas, Ayo Bangkit Bersama

By Dinas Kominfo Kab. Kediri20 Mei 2022, 23:00:24 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Peringatan Harkitnas, Ayo Bangkit Bersama

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 (20/5/2022).

Bertempat di Halaman belakang Pemkab. Kediri, upacara dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa atau yang akrab dipanggil Mbak Dewi, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, jajaran Forkopimda, serta Kepala OPD.

Peserta upacara dari perwakilan TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Organisasi Wanita Kab. Kediri, dan Organisasi Masyarakat. 

Wabup Kediri, Mbak Dewi, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate.

Dalam amanatnya Mbak Dewi menyampaikan tahun ini kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114 dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," ucapnya.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan.

"Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi COVID-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa", ujar Mbak Dewi.

Mari kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia, momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Terakhir Wabup mengatakan, "Di tengah momentum penanganan nasional Covid-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!"




Tinggalkan komentar Anda via Disqus