Kunjungan Badan Pangan Nasional di Perternakan Sapi Mahkota Farm Plemahan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri10 Mar 2022, 22:32:37 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Kunjungan Badan Pangan Nasional di Perternakan Sapi Mahkota Farm Plemahan

Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi bersama dengan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan hewan Nasrullah mengunjungi Peternakan Sapi di CV Mahkota Farm milik Santoso (Kamis,10-3-2022) di Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. 

Turut Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih, BUMD DKI Dharmajaya, BUMN PT Berdikari, Asosiasi Pedagang Sapi Indonesia (APDI) serta Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI).

Dalam kesempatan tersebut kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, mengatakan, sapi-sapi dari Jawa Timur merupakan hasil inseminasi buatan program Kementerian Pertanian yang cukup berhasil.

"Seperti janji kita semua kita akan mobilisasi sapi dari Jawa Timur untuk pemenuhan kebutuhan sapi di pasar-pasar Jakarta, Jawa Barat, dan Banten,"

Lebih lanjut, Arief menuturkan, BUMN sektor peternakan lainnya yang memiliki fasilitas kandang sapi dipastikan siap menampung ternak sapi. NFA bersama Kementerian BUMN juga segera merevitalisasi kandang-kandang sapi agar siap menampung pasokan khusus untuk kebutuhan sekitar Jabodetabek.

Sementara itu Santoso, Pemilik Peternakan Sapi CV Mahkota Farm Plemahan mengatakan bahwa di peternakan miliknya  memiliki 240 ekor sapi. Dia berharap agar kunjungan dari Badan Pangan Nasional ini memberikan dampak yang positif bagi peternak.

“Saya Berharap agar ke depan pemasaran daging sapi akan lebih baik, peternak tidak mengalami kerugian, ada sinergi dari peternak dan pemerintah” imbuh santoso

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Nasrullah mengatakan, pihaknya bersama Badan Pangan Nasional, mitra BUMN, BUMD dan asosiasi pemotong daging serta pedagang telah memastikan ketersediaan sapi produksi lokal memenuhi komoditas daging sapi.

“Intinya kita ingin memvalidasi apakah benar ada sapi atau nggak, ini baru satu titik lokasi di Jawa Timur, belum area lainnya di daerah Jawa Tengah untuk kita sama-sama ingin melihat memvalidasi data itu betul atau tidak, ada barang atau tidak," jelas Nasrullah.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus