Mas Dhito Laporkan Rencana Pembangunan Jalan kepada Gubernur Jawa Timur

By Dinas Kominfo Kab. Kediri31 Jan 2022, 16:00:22 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Mas Dhito Laporkan Rencana Pembangunan Jalan kepada Gubernur Jawa Timur

Infrastruktur jalan yang menjadi penghubung wilayah utara Kabupaten Kediri bakal menjadi sasaran pembangunan tahun ini. Program itu disampaikan Bupati Hanindhito Himawan Pramono kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat bertemu di Pondok Pesantren Queen Al Falah Ploso, Minggu (30/1/2022) pagi. 

Peningkatan infrastruktur dan konektivitas antar wilayah merupakan salah satu program prioritas bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu. Apalagi, dengan dibangunnya bandara di Kabupaten Kediri, peningkatan infrastruktur jalan ini terus digenjot. 

"Pembahasan dengan bu Gubernur kemarin itu terkait dengan konektivitas antar wilayah, saya sampaikan terkait pembangunan tol dan persiapan perbaikan jalan nasional," kata Mas Dhito, Senin (31/1/2022).

Dijelaskan Mas Dhito, jalan nasional yang bakal dilakukan perbaikan yakni jalan Mengkreng dari Purwoasri, Papar, dan Gampengrejo. Selain jalan nasional itu, jalan-jalan kabupaten menjadi prioritas pembangunan, diantaranya di wilayah Kediri barat yang dekat dengan lokasi bandara.

"Selain infrastruktur saya juga melaporkan masalah agropolitan yakni nanas di lereng Kelud," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, ada empat varietas nanas yang ada di Kabupaten Kediri, yakni queens, simplek, smooth cayenne, dan PK-1. Varietas PK-1 ini merupakan varietas nanas unggul nasional milik Kabupaten Kediri.

Adapun cirinya ukuran lingkar buah atas dan bawah hampir sama (simetris), rasa manis asam. Kemudian mata buah lebar dan  tidak ke dalam sehingga untuk konsumsi buah lebih mudah tinggal dibelah, tidak harus mengupas mata buahnya. 

"Nanas varietas PK-1 ini akan dikembangkan di Kelud, Ngancar,"  bebernya.

Untuk melihat varietas nanas PK-1 yang menjadi varietas unggul nasional milik Kabupaten Kediri itu, rencananya Februari 2022  Gubernur Khofifah Indar Parawansa akan datang ke Kecamatan Ngancar.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus