Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) valid melalui SIMNANGKIS

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Des 2021, 17:37:13 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) valid melalui SIMNANGKIS

Perkembangan dan peningkatan teknologi terus bergulir, salah satunya Pemkab Kediri terus berbenah dalam hal memberikan pelayanan yang maksimal kepada warganya. Aplikasi Sistim Informasi Manajemen Penanggulangan Kemiskinan atau disebut SIMNANGKIS terkait data valid keluarga penerima manfaat (KPM).

Aplikasi Simnangkis ini resmi dilaunching oleh Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana melalui Sekda Kab. Kediri, Dede Sujana di Pendopo Panjalu Jayati Kab Kediri (29/12).

Di launchingnya aplikasi Simnangkis ini untuk memudahkan pemutakhiran data KPM agar tidak terjadi data yang ganda. Salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan sebagai tolak ukur dengan memiliki validasi data, sehingga tidak akan ada yang intervensi ketika ada program bantuan sosial dari Pemkab Kediri atau Pemprov Jatim bisa tepat sasaran.

Menurut Sekda mengatakan, "Dengan aplikasi ini bisa terdata mulai dari tingkat RT, RW, Desa sampai dengan Pemerintah Kabupaten Kediri. Jadi kalau mau melakukan mutasi data akan lebih mudah dan lebih sistematis."

Disaat kondisi pandemi covid-19 seperti ini memang masyarakat terkena dampaknya terutama dari aspek ekonomi warga Kabupaten Kediri, serta hampir menyeluruh hampir semua wilayah Kabupaten maupun Kota.

Harapannya dengan kehadiran aplikasi Simnangkis, bantuan sosial dari pemerintah tentang penanggulangan ekonomi seperti bantuan sosial kepada masyarakat terdampak dapat tepat sasaran.

"Dengan aplikasi ini tidak akan terjadi dobel atau ganda data. Adanya aplikasi ini juga memudahkan upaya pembaruan data, tapi tentunya tetap melalui musyawarah desa, kalau sudah ditetapkan sebagai penerima manfaat baru selanjutnya dimasukkan dalam program aplikasi tersebut." pungkas Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus