Gencarkan Konsumsi Ikan dengan Pelatihan Pengolahan Ikan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri04 Nov 2021, 20:00:36 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Gencarkan Konsumsi Ikan dengan Pelatihan Pengolahan Ikan

Untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Kediri, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perikanan menggelar pelatihan pengolahan ikan bertempat di Balai Desa Adan - adan Kecamatan Gurah, Kamis (4/11/2021). Program pelatihan itu merupakan wujud upaya Dinas Perikanan dalam meningkatkan kompetensi dan mutu sumber daya manusia (SDM) di berbagai wilayah Kabupaten Kediri.

Dalam kesempatan ini, para peserta mendapatkan materi tentang cara pembuatan makanan kekinian, “Fish Katsu” dengan bahan dasar ikan patin dan lele. Dengan adanya kreasi olahan ikan yang menarik bagi masyarakat ini diharapkan agar konsumsi ikan pun dapat meningkat.

Eriani Anisa Hanindhito, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri yang sekaligus Ketua Forikan dalam sambutannya mengatakan bahwa  ikan merupakan bahan makanan yang sangat kita perlukan untuk memenuhi gizi. Dengan adanya menu - menu olahan ikan yang beragam dapat menjadi peluang usaha karena memiliki prospek cerah dan profit yang cukup besar.

“Ikan mengandung protein tinggi dan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu  ikan juga memiliki kandungan Omega 3 yang tidak dapat diperoleh dari hewan lain, sehingga dengan kita gemar makan ikan dapat mencegah stunting,” ujarnya.

Sementara itu Nur Hafid  Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan  dengan adanya beragam olahan ikan ini, dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

“Dengan pelatihan ini juga memberikan manfaat terhadap pembudidaya karena dapat memberikan nilai tambah pada hasil budidayanya,” harap Nur Hafid.

Nur Hafid menambahkan potensi perikanan di Kabupaten Kediri cukup bagus dengan capaian hasil 20 ribu ton pertahun yang di dominasi perikanan lele. Sementara untuk angka konsumsi ikan hingga bulan November ini mencapai 27 koma 5 kilgram perkapita pertahun.   




Tinggalkan komentar Anda via Disqus