Sosialisasi Program Kerja Pengawasan Tahunan 2021

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Mar 2021, 17:00:47 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Sosialisasi Program Kerja Pengawasan Tahunan 2021

Pemkab Kediri menggelar sosialisasi Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Inspektorat Kabupaten Kediri tahun 2021 di Ruang Jayabaya Pemkab Kediri, Senin (22/3). Sekretaris Kabupaten Kediri, Dede Sujana, membuka secara langsung acara ini.

Dede dalam sambutannya menyampaikan bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Kediri sudah memiliki kapabilitas APIP level tiga. Oleh karena itu dirinya berharap agar semua SKPD bisa membuktikan hal itu dengan pengelolaan dan pertanggungjawaban kinerja yang baik.

“Bila sudah APIP level 3, saya tidak mau lagi mendengar ada SKPD yang bermasalah. Kunci penguatan kinerja yang baik adalah perencanaan yang matang. Saya berharap para penyusun program bisa membuat rencana yang matang sehingga memudahkan dalam implementasinya,” terang Dede.

Plt. Kepala Inspektorat Kabupaten Kediri, Nono Soekardi, mengatakan tahun ini akan menjadi masa transisi digital di semua lini kerja layanan pemerintahan. Keberadaan SDM dan prosedur layanan publik tentu harus berangkat dari kebutuhan layanan yang cepat, efektif dan efisien berbasis digital.

“Berangkat dari hal tersebut kami terbuka kepada semua OPD untuk berkoordinasi dengan Inspektorat. Tujuannya semua program dapat terlaksana dengan baik, akuntabel dan transparan,” jelasnya.

Nono menjelaskan pada tahun ini akan mendorong semua transaksi keuangan Pemda menggunakan non tunai. Hal ini mencegah potensi tindak pidana korupsi dan juga memberikan jaminan bukti akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

“Kami sudah mencoba semua transaksi non tunai di Inspektorat. Di awal agak terasa rumit namun setelah terbiasa ternyata memberi rasa aman dalam mengelola keuangan negara,” tambah Nono.(Kominfo/yda,dv,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus