Terang, Nyaman dan Aman dengan Desa Terang

By Dinas Kominfo Kab. Kediri13 Feb 2021, 19:00:51 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Terang, Nyaman dan Aman dengan Desa Terang

Pilot project Desa Terang Penerangan Jalan Umum (PJU) hari ini diresmikan Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, (13/2). Usai peresmian di Desa Tegalan Kec. Kandat, selanjutnya Bupati Haryanti meresmikan PJU di Desa Keniten Kec. Mojo.

Hadir dalam kesempatan ini Plt. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. Arief Juwana, M.M., Camat Mojo, dan Kepala Desa yang mendapatkan bantuan.

"Alhamdulillah hari ini lampu PJU di desa sudah mulai menyala.Semua desa bisa mengajukan dengan syarat berjanji akan merawat dan mengganti apabila mati lampunya. Dinas Perkim hanya memasang lampu yang sudah ada tiang listriknya. Jadi Dinas Perkim hanya menyediakan besi penyangga lampu dan kabel serta instalansi listriknya,” kata Bupati Haryanti.

Beliau menambahkan, yang paling utama penerangan ke arah fasilitas umum seperti ke arahbalaidesa, masjidatau pemakaman sehingga efektif bilasewaktu-waktu ada keperluan.

“Untuk tahun-tahun yang akan datangdiharapkanprogram Desa Terang ini bisa berkelanjutan. Untuk pembayaran listrik ditanggung oleh Pemda, sedangkan untuk perawatan lampu jika mati dari pihak desa yang mengganti,"tambah Bupati.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Perkim Kab. Kediri  Ir. Arief Juwana, M.M. mengatakan, program ini bertujuan agardesa wilayah Kabupaten Kediri bisa terang aman dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Bisa menciptakan keamanan dan kenyamanan. Saya berharap pihak desa bisa berkolaborasi dengan kita. Jadi dengan adanya program ini terutamaPJU,pihak desa bisa merawat dan memfasilitasi jika terjadi kerusakan. Selalu berkoordinasi dengan Dinas Perkim, jika membutuhkan bantuan kita siap," katanya.

Kepala Desa Keniten menyambut baik program desa terang ini, karena menurutnya sangat membantu aktivitas warga di malam hari. Selain ituidak ada lagik abel lampu yang membelah jalan.

"Harapan kami program ini bisa tuntas, hingga pelosok-pelosok di desa ini terpasang semua.Alhamdulillah mendapat 65 titik, ini saya taruh untuk satu jalur dari Dusun Jengglong, Mbesuk dan  Plosokerep," jelas Kades Keniten. (Kominfo/dn,fz,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus