BPBD Lakukan Mitigasi Cegah Bencana Alam

By Dinas Kominfo Kab. Kediri18 Feb 2021, 14:00:30 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
BPBD Lakukan Mitigasi Cegah Bencana Alam

Agar bencana longsor dan banjir tak terjadi di Kabupaten Kediri,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)melakukan mitigas bencana di beberapa titik rawan. Pemetaan dan pemantauan secara intens terlebih disaat hujan dengan intensitas tinggi tengah mengguyur wilayah Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Saifudin Zuhri,Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kediri mengatakan,pada musim hujan, potensi bencana alam seperti longsor, banjir dan krisis air bersih sering terjadi. Pihak BPBD telah melakukan mitigasi bencana di wilayah potensi bencana.

“Untuk wilayah Kabupaten Kediri, kita terus malakukan mitigasi terhadap daerah-daerah yang rawan terhadap banjir dan longsor. Bersama Tim Siaga Bencana Desa (TSBD),masing-masing desa yang terus up-date perkembangan wilayah masing-masing,” terang Saifudin.

Lebih lanjut Saifudin mengungkapkan tujuan utama dari mitigasi bencana adalah untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh alam khususnya bagi penduduk, seperti korban jiwa (kematian), kerugian ekonomi dan kerusakan sumber daya alam.

Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak atau resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman. Saifudin menambahkan, petugas BPBD Kabupaten Kediri telah melakukan pemetaan. Untuk wilayah yang berpotensi terjadi longsor dan banjir wilayah Kecamatan Mojo, Semen, Banyakan, Grogol, dan Tarokan.

"Untuk timur yang kita lakukan mitigasi bencana di wilayah Kecamatan Kandangan, Kecamatan Kepung, Kecamatan Puncu, Kecamatan NgancardanKecamatan Plosokaten,"tutup Syaifudin.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox