Jaga Kelestarian, 5 Arca Temuan dari Puncu Akan Dipindahkan ke Museum Kabupaten

By Dinas Kominfo Kab. Kediri19 Jan 2021, 16:00:05 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Jaga Kelestarian, 5 Arca Temuan dari Puncu Akan Dipindahkan ke Museum Kabupaten

Pasca ditemukannya 5 arca di Desa Manggis Kecamatan Puncu, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Kabupaten Kediri berencana akan memindahkan kelima arca tersebut keMuseumKabupaten. Langkah tersebut diambil untuk menyelamatkan kondisi arca. Pasalnya untuk menghindari kerusakan, dalam menyimpan benda purbakala diperlukan perlakuan khusus, mulai dari suhu ruangan hingga tata cara pembersihannya.

"Untuk keamanan dan kelestarian serta menghindari kerusakan dari arca tersebut, maka nanti akan dipindah ke Museum Kabupaten," ucap Adi Suwignyo, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Adi Suwignyo menambahkan, setelah adanya penelitian dari BPCB Jatim, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan, desa, kepolisian, serta pemilik lahan sehingga kelima arca tersebut dapat segera dipindahkan ke museum.

"Secepatnya akan dipindahkan ke musem, kalau bisa dalam minggu ini," imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri mendapat laporan tentang adanya temuan arca di wilayah Dusun Dorok, Desa Manggis Kecamatan Puncu saat menggali tanah. Selanjutnya diteruskan ke BPCB Jatim dan telah ditindaklanjuti dengan pemeriksaan ke lokasi temuan serta penelitian terhadap arca tersebut. Hasilnya diduga arca tersebut adalah Ganesha, Agastya, Siwa, Dewi Parwati dan Mahakala.(Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox