Patroli Gabungan di Gereja Yokobus Mayor

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Des 2020, 15:30:52 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Patroli Gabungan di Gereja Yokobus Mayor

Kegiatan Patroli Gabungan rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka cipta kondisi keamanan jelang libur Natal dan tahun baru. Akan tetapi tahun ini cukup berbeda sebab dalam situasi pandemi Covid-19, sehingga meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menggelar perayaraan Natal dan Tahun Baru 2021.

Patroli gabungan dilaksanakan jajaran Forkopimda hari ini, Selasa (29/12). Sebelumnya audiensi digelar di Wisma Tamu Kab. Kediri, dilanjutkan dengan patroli ke empat lokasi yang telah ditentukan di wilayah Kabupaten Kediri.

Dari beberapa titik lokasi, salah satunya bertempat di Gereja Yokobus Mayor Dsn. Kalibago Ds. Kalipang Kec. Grogol, yang dihadiri oleh Ketua DPRD Dodi Purwanto, Kasi Pidsus Kejaksaan Kabupaten Kediri, Kepala Dinas Kesehatan, serta jajaran Forkopimcam. Dalam kegiatan ini Forkopimda  memberi arahan serta banyak berdiskusi dengan pengurus dan jamaat gereja.

“Saya ucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2021 untuk warga dan masyarakat disini. Disini adalah dusun favorit saya karena disini ada beragam agama, mulai dari Nasrani, Islam, Konghucu, Hindu, dan yang lainnya. Tetap saling menghormati,” kata Dodi.

Dari sisi keamanan di tiap lingkungan, Dodi juga menyampaikan pemerintah akan selalu bersinergi dalam hal pengamanan, khususnya bagi masyarakat yang akan merayakan Natal di wilayahnya masing-masing. Sementara untuk masyarakat, dihimbau untuk tetap menjaga keharmonisan antar agama lain di Desa Kalipang.

“Saya harap jamaat tetap mematuhi himbauan pemerintah dalam meminimalisir resiko tertularnya Covid-19. Yang telah kita lakukan selama ini yaitu 3M. Dengan ini kedepannya menjadikan Kabupaten Kediri tetap aman dan guyub rukun dalam melindungi keharmonisan bersama di tengah pandemi ini,” jelas Dodi Purwanto.

Ditemui setelah acara, Romo Imade Agustinus Hadi Prasetya selaku Pastur Kepala Paroki St. Vincentius Paulo Kediri yang diundang hadirmenyampaikan terima kasih atas kunjungan ini. “Kami mewakili umat katolik Yokobus Mayor di Kalibago ini merasa senang sekali telah dikunjungi, bahwa apa yang kami lakukan ini didukung dan direstui. Kami merasa optimis atas kunjungan ke gereja ini dan semakin memupuk rasa kepercayaan kami untuk menjadi umat dan warga yang mengabdi kepada masyakat,” jelasnya.

Romo Imade menambahkan, dalam situasi pandemi ini para jemaat menciptakan terobosan dalam beribadah. Yang dulu berpusat dalam satu tempat,  kali ini peribadatan lebih sering dilakukan bersama keluarga di rumah masing-masing.

“Sebagai warga yang baik, kami berusaha membangun kehidupan kemasyarakatan di Dusun Kalibago ini dan senantiasa menyongsong keberagamaan yang harmonis,” tambahnya. (Kominfo/fz,rx,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus