Penyaluran BST di Kecamatan Grogol

By Dinas Kominfo Kab. Kediri02 Sep 2020, 14:45:35 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Penyaluran BST di Kecamatan Grogol

Pemerintah terus bergerak untuk meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19. Kali ini Pemerintah Kabupaten Kediri melaksanakan penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai) tahap 4 dan 5 berkerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Di hari kedua, Rabu (2/9/20), bantuan tersebut disalurkan di lima kecamatan, yakni Kecamatan Grogol, Tarokan, Semen, Gampengrejo dan Kras.

Di Kecamatan Grogol terdapat dua tempat bayar BST, yaitu di balai desa Cerme dan Sonorejo. Di balai desa Cerme, sejak pagi para penerima sudah antri dan menunggu penerimaan bantuan dengan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19. Pengambilan bantuan tersebut juga berjalan tertib dan masyarakat pun menaati protokol kesehatan dengan mengenakan masker. Petugas penyalur juga memastikan warga yang mengambil bantuan tetap menjaga jarak dan tidak bergerombol.

Penyaluran BST di balai Desa Cerme ini untuk penerima dari Desa Cerme, Grogol, Sumberjo dan Kalipang. Sementara untuk penerima dari 5 desa lainnya, yaitu Desa Sonorejo, Gambyok, Datengan, Bakalan dan Wonoasri dilakukan di balai Desa Sonorejo. Total terdapat 1.223 penerima se-Kecamatan Grogol.

Ada perbedaan dalam penyaluran gelombang IV dan V ini, yaitu jumlah bantuan yang diserahkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp 300 ribu. Sedangkan sebelumnya Rp 600 ribu untuk tiap KPM.

“Untuk pencairan pada hari ini adalah bantuan dari Kemensos, yang mana 3 bulan lalu mendapatkan perbulannya Rp. 600.000. Untuk kali ini perbulannya sebesar Rp. 300.000 dan dicairkan langsung 2 bulan,” ucap Sekretaris Desa Cerme, Samsul Hadi.

“Total untuk Desa Cerme yang mendapatkan bantuan sebanyak 271 KPM. Para penerima wajib membawa KTP asli dan KK asli dibarengi datang dengan tertib, mengikuti protokol kesehatan serta wajib memakai masker. Kami pun berharap dengan adanya bantuan ini dapat membantu kebutuhan sehari-hari agar bisa kembali normal. Mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir dan ditarik oleh Allah SWT. Aamiin,” ujarnya.

Siti Kolisah, salah satu warga penerima manfaat dari Desa Sumberejo mengaku senang dan bahagia atas adanya BST ini. “Alhamdulillah sangat membantu sekali, karena setiap harinya pendapatan cukup sedikit, ditambah lagi dengan adanya covid-19 ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan ini,” kata Siti. (Kominfo/fz,rx,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus