Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Razia Anjal dan Gepeng

By Dinas Kominfo Kab. Kediri04 Mei 2020, 13:05:29 WIB Corona
Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19, Petugas Gabungan Razia Anjal dan Gepeng

Petugas gabungan dari Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Satpol PP Kabupaten Kediri menggelar razia terhadap anak jalanan, gelandangan dan pengemis di sejumlah titik perempatan jalan. Razia ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona melalui kelompok risiko tinggi, (4/5).

Razia gabungan ini diawali dengan apel pasukan di kantor Dinsos Kabupaten Kediri. Petugas dari Dinsos, Dinkes dan Satpol PP memakai alat pelindung diri (APD) kemudian berangkat menuju sasaran yang dituju.

Petugas menyisir jalan utama Kediri menuju Surabaya, mulai dari Kecamatan Gampengrejo hingga Papar. Dalam razia ini petugas berhasil menciduk seorang pengamen yang berada di Simpang Empat Papar.

Setelah diminta menunjukkan kartu identitasnya, pengamen remaja ini kemudian diperiksa kesehatannya melalui pengecekan suhu tubuh dan disemprot cairan desinfektan. Selanjutnya yang bersangkutan digiring ke mobil patroli petugas.

Plt. Kepala Dinsos Kabupaten Kediri, Suharsono, mengatakan, razia gabungan ini dalam rangka memutus penyebaran virus corona melalui kelompok risiko tinggi. Karena anak jalanan, gelandangan maupun pengemis kerap bersinggungan dengan banyak orang tanpa memakai pelindung diri.

“Mereka yang terjaring razia dari wilayah Kabupaten Kediri selanjutnya dilakukan isolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Sementara itu bila ditemukan anjal dan pengemis dari luar Kabupaten Kediri akan dibawa petugas ke selter rumah singgah di Kecamatan Grogol untuk menjalani observasi,” jelasnya.

Dalam razia ini petugas hanya mengamankan satu pengamen beserta dua buah alat musik kentrung. Sebab kebanyakan pengamen dan anjal terlebih dahulu kabur saat didatangi petugas. Razia serupa akan terus digelar dengan sasaran dan waktu yang masih dirahasiakan. (Kominfo/nng,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox