1471 view

Simpang Lima Gumul

Jika mendengar nama L’arch D’ Triomphe, apa yang terpikirkan di benak Anda? Perancis? Kejayaan? Kemakmuran? Anda benar. Semua itu merupakan nilai – nilai yang terefleksikan dari Monumen Kejayaan di Perancis. Namun jika monument yang serupa ada di Kediri, apakah yang terpikirkan di benak Anda?

Ya, Monument Kediri yang bentuknya menyerupai L’arch D’ Triomphe yang ada di Perancis tersebut berdiri megah di tengah – tengah persimpangan Lima Gumul – Kediri yang menjadi tiang pancang pengembangan kawasan Simpang Lima Gumul menjadi kawasan kota baru di Kabupaten Kediri. Bedanya, Monumen ini memiliki spirit berdirinya Kabupaten Kediri sehingga monument ini di posisikan tepat di tengah jalur lima jalan arah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren dan Menang.


  • 2. Lorong penghubung parkir dan bangunan utama

    Lorong penghubung parkir dan bangunan utama

    Sebagai obyek wisata Kabupaten Kediri yang saat ini masih dalam proses penyelesaian pembangunan. Daya tarik yang diberikan antara lain:

    1. Desain dan arsitektur dirancang hampir menyerupai Arch D’Triomphe Perancis, namun lebih ditonjolkan ke seni budaya Kabupaten Kediri
    2. Diorama tentang sejarah Kediri di dalam gedung
    3. Tinggi monumen 28 m, 8 lantai
    4. Tiga jalan terowongan bawah tanah untuk menuju ke monumen
    5. Posisi tepat di tengah simpang lima dan di pusat perdagangan Kabupaten Kediri
    6. Wisatawan dapat mencapai anjungan untuk melihat keindahan Kediri dari atas monumen
    7. Pelayanan Pusat Informasi Pariwisata dan Potensi Kabupaten Kediri
    8. Disediakan mini market, cafetaria, dan toko beragam souvenir khas Kediri